Laporan Monitoring dan Evaluasi (MONEV)
Monitoring dan evaluasi (Monev) adalah proses penting dalam memastikan keberhasilan pelaksanaan program, kegiatan, atau kebijakan di lingkungan institusi. Monev dilakukan untuk menilai kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta memberikan masukan strategis untuk perbaikan berkelanjutan. Proses ini mencakup pengumpulan data, analisis, dan pelaporan hasil yang bertujuan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas. Dengan Monev, institusi dapat memastikan bahwa setiap program berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, serta mendukung pencapaian visi, misi, dan target kinerja yang telah dirumuskan.
Monev Pembelajaran
Maksud kegiatan monev ini adalah untuk mengkaji; 1) apakah kegiatan persiapan dan pelaksanaan perkuliahan berjalan sesuai rencana; 2) untuk melihat apakah dosen telah menyiapkan RPS yang sesuai pada setiap mata kuliah; serta 3) untuk mengidentifikasi masalah yang timbul dalam perkuliahan agar langsung dapat diatasi.
Tujuan kegiatan ini adalah; pertama. diperolehnya data yang valid tentang kondisi persiapan dan pelaksanaan perkuliahan pada tiap semester, Kedua. Tersedianya RPS pada tiap mata kuliah yang diampu oleh masing-masing dosen serta kesesuaian RPS dengan kegiatan perkuliahan, dan kesesuaian CPL dan CPMK pada RPS. Ketiga. tujuan inti dari kegiatan ini adalah perbaikan pelaksanaan perkuliahan di Setiap Program Studi.
Sasaran Kegiatan Monitoring dan Evaluasi awal Semester ini akan memeriksa; 1) Jumlah Pertemuan; 2) Rencana Pembelajaran Semester (RPS); 3) Kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS; 4) Ketersediaan CPL dan CPMK dalam RPS; 5) Keterkaitan CPL dan CPMK, dan; 6) Integrasi Penelitian dan/atau PkM dalam Pembelajaran.
Monev Pembelajaran Genap 2023-2024
Berdasarkan hasil Monitoring Pembelajaran Semester Genap Tahun 2023-2024, dari total 217 kelas/MK yang dimonev dari 6 Prodi, dapat disimpulkan bahwa Pertemuan Dosen pada 13 pertemuan, yang sudah memenuhi keseluruhan pertemuan sebanyak 80%. Selanjutnya untuk RPS ada 65% RPS yang tersedia, dan 35% belum tersedia. Selanjutnya kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS, 57% sesuai dengan materi, dan 43% tidak sesuai dengan materi. Ketersediaan CPL dan CPMK, 63% tersedia, dan 37% tidak terdapat CPL dan CPMK. Keterkaitan CPL dan CPMK, 60% terkait , dan 40% tidak terkait antara CPL dan CPMK. Dan terakhir, Integrasi Penelitian dan/atau PKM dalam perkuliahan, baru terdapat 20% MK yang terintegrasi, dan sisanya 80% belum terintegrasi Penelitian dan/atau PKM.
Selanjutnya terdapat beberapa permasalahan lain yang harus segera diatasi, di antaranya sinkronisasi data MK dan dosen serta jadwal perkuliahan, ketersediaan RPS yang diakomodir oleh Prodi, dan jurnal perkuliahan yang terkadang tidak diisi oleh dosen.
Monev Pembelajaran Ganjil 2023-2024
Berdasarkan hasil Monitoring Pembelajaran Semester Ganjil Tahun 2023-2024, dari total 532 kelas/MK dari 6 Prodi, dapat disimpulkan bahwa Pertemuan Dosen yang sudah memenuhi keseluruhan (13) pertemuan sebanyak 48%. Selanjutnya untuk RPS ada 67% RPS yang tersedia, dan 33% belum tersedia. Selanjutnya kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS, 49% sesuai dengan materi, dan 51% tidak sesuai dengan materi. Ketersediaan CPL dan CPMK, 65% tersedia, dan 35% tidak terdapat CPL dan CPMK. Keterkaitan CPL dan CPMK, 63% terkait , dan 37% tidak terkait antara CPL dan CPMK. Dan terakhir Integrasi Penelitian dan/atau PKM dalam perkuliahan, baru terdapat 23% MK yang terintegrasi, dan sisanya 71% belum terintegrasi Penelitian dan/atau PKM.
Selanjutnya terdapat beberapa permasalahan lain yang harus segera diatasi, di antaranya sinkronisasi data MK dan dosen serta jadwal perkuliahan, ketersediaan RPS yang diakomodir oleh Prodi, dan jurnal perkuliahan yang terkadang tidak diisi oleh dosen.
Monev Pembelajaran Genap 2022-2023
Berdasarkan hasil Monitoring Pembelajaran Semester Genap Tahun 2022-2023, dari total 446 kelas/MK dari 6 Prodi, dapat disimpulkan bahwa Pertemuan Dosen pada empat pertemuan pertama, yang sudah memenuhi keseluruhan pertemuan sebanyak 80%. Selanjutnya untuk RPS ada 79% RPS yang tersedia, dan 21% belum tersedia. Selanjutnya kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS, 57% sesuai dengan materi, dan 43% tidak sesuai dengan materi. Ketersediaan CPL dan CPMK, 76% tersedia, dan 24% tidak terdapat CPL dan CPMK. Keterkaitan CPL dan CPMK, 76% terkait , dan 24% tidak terkait antara CPL dan CPMK. Dan terakhir Integrasi Penelitian dan/atau PKM dalam perkuliahan, baru terdapat 20% MK yang terintegrasi, dan sisanya 74% belum terintegrasi Penelitian dan/atau PKM.
Selanjutnya terdapat beberapa permasalahan lain yang harus segera diatasi, di antaranya sinkronisasi data MK dan dosen serta jadwal perkuliahan, ketersediaan RPS yang diakomodir oleh Prodi, dan jurnal perkuliahan yang terkadang tidak diisi oleh dosen.
Monev Pembelajaran Ganjil 2022-2023
Berdasarkan hasil Monitoring Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023, dari total 488 kelas/MK dari 6 Prodi, dapat disimpulkan bahwa Pertemuan Dosen pada empat pertemuan pertama, yang sudah memenuhi keseluruhan pertemuan hanya sebanyak 66%. 3 pertemuan sebanyak 20%, 2 pertemuan sebanyak 6%, 1 Pertemuan sebanyak 1%, dan yang belum melaksanakan pertemuan sama sekali sebanyak 6%.
Selanjutnya untuk RPS ada 91% RPS yang tersedia, dan 9% belum tersedia. Selanjutnya kesesuaian materi perkuliahan dengan RPS, hanya 62% RPS yang sesuai dengan materi, dan 38% RPS tidak sesuai dengan materi.
Kemudian terdapat beberapa permasalahan lain yang harus segera diatasi, di antaranya sinkronisasi data MK dan dosen serta jadwal perkuliahan, ketersediaan RPS yang diakomodir oleh Prodi, dan jurnal perkuliahan yang terkadang tidak diisi oleh dosen.
Hasil temuan dari Monev ini ditindaklanjuti dengan dikirimkan surat pengendalian kepada Para dosen pengampu matakuliah untuk melaksanakan perkuliahan sesuai dengan ketentuan.
Monev Penelitian/PKM
Maksud kegiatan monev penelitian dan PkM ini adalah untuk mengkaji; 1) kesesuaian kegiatan penelitian dan PkM dengan roadmap; 2) Kesesuaian kegiatan penelitian dan PkM dengan kontrak kerja; serta 3) untuk mengidentifikasi masalah yang timbul dalam kegiatan penelitian dan PKM agar langsung dapat diatasi.
Tujuan kegiatan ini adalah; pertama. diperolehnya data yang valid tentang kesuaian tema kegiatan penelitian dan PkM dengan Roadmap. Kedua. Tersedianya laporan penelitian dan PkM yang sesuai dengan kontrak kerja. Ketiga. tujuan inti dari kegiatan ini adalah perbaikan pelaksanaan perkuliahan di Setiap Program Studi.
Sasaran monev adalah untuk memeriksa: 1) Jumlah Penelitian dan PkM dari dosen di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Adab (DTPS Prodi); 2) Kesesuaian Penelitian dan PkM dengan roadmap; 3) relevansi penelitian dan PkM dengan bidang ilmu dosen (peneliti/pengabdi), dan; 4) Kesesuaian dokumen penelitian dan PkM dengan kontrak kerja.
EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa)
Maksud kegiatan monev penelitian dan PkM ini adalah untuk mengkaji; 1) kesesuaian kegiatan penelitian dan PkM dengan roadmap; 2) Kesesuaian kegiatan penelitian dan PkM dengan kontrak kerja; serta 3) untuk mengidentifikasi masalah yang timbul dalam kegiatan penelitian dan PKM agar langsung dapat diatasi.
Tujuan kegiatan ini adalah; pertama. diperolehnya data yang valid tentang kesuaian tema kegiatan penelitian dan PkM dengan Roadmap. Kedua. Tersedianya laporan penelitian dan PkM yang sesuai dengan kontrak kerja. Ketiga. tujuan inti dari kegiatan ini adalah perbaikan pelaksanaan perkuliahan di Setiap Program Studi.
Sasaran monev adalah untuk memeriksa: 1) Jumlah Penelitian dan PkM dari dosen di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Adab (DTPS Prodi); 2) Kesesuaian Penelitian dan PkM dengan roadmap; 3) relevansi penelitian dan PkM dengan bidang ilmu dosen (peneliti/pengabdi), dan; 4) Kesesuaian dokumen penelitian dan PkM dengan kontrak kerja.